Jumat, 27 November 2015

SEJARAH MUSIK: ZAMAN RENAISSANCE



By: Patricia frenio Kristanto/9B
ALL ABOUT RENAISSANCE


Zaman renaissance adalah gerakan budaya yang di pelopori oleh Dr.Martin Luther dan berkembang pada abad ke 14 dan berakhir pada abad 17,sehingga mencapai puncaknya pada abad ke 15-abad ke 16.Kata renaissance berasal dari bahasa latin,yaitu kata “Re” yang berarti kembali ,dan “naitre” yang berarti lahir,sehingga arti dari kata renaissance adalah “kelahiran kembali”.Zaman renainssance dimulai dari negara Italia pada abad pertengahan akhir,kemudian menyebar ke seluruh Eropa.Zaman ini juga sering disebut dengan zaman humanisme,di sebut zaman humanisme karena pada zaman ini derajat manusia sudah mulai “diangkat” sehingga yang dulunya manusia hanya bisa menciptakan lagu yang sesuai dengan gereja tapi pada zaman ini manusia sudah bisa menciptakan lagu tentang diri mereka sendiri atau emosi mereka.Selain itu zaman humanisme ini juga merupakan transisi dari abad pertengahan ke zaman modern.

Latar belakang dari munculnya zaman ini adalah pada abad pertengahan akhir terjadi kekecewaan sebagian besar manusia terhadap gereja,ini disebabkan karena gereja menjual sebuah sertifikat yang menurut mereka itu merupakan “tiket” untuk masuk ke surga.Sehingga muncullah suatu gerakan usaha untuk memperbaharui kebudayaan romawi dan yunani abad pertengahan,dan ternyata gerakan ini dapat menarik minat banyak orang sehingga menyebabkan perubahan dalam bidang seni , ilmu ,dan pola pikir manisua menjadi pola pikir rasional baik.


          Karakteristik dari zaman ini adalah manusia sudah berpikir secara luas tidak seperti pada abad pertengahan , sudah ada polifon , manusia sudah lebih mementingkan kebudayaan humanisme ,manusia sudah berpikir secara lebih rasional, tidak hanya ada lagu untuk agama katolik saja karena sudah mulai ada lagu lagu untuk gereja protestan( dipelopori oleh Dr.Martin Luther).
         
      Terdapat macam-macam Instrumen musik yang berkembang pada zaman ini. Instrumen musik pada zaman renaissance dapat dikelompokan  menjadi empat yaitu, Instrumen musik brass ,Instrumen musik peruksi ,Instrumen musik woodwind,dan Instrumen musik strings.

 

Contoh instrumen musik brass adalah: -Trumpet
                                                               -Suckbut
                                                               - Cornnet.





Contoh instrumen musik strings adalah : -Viol
                                                                  -Irish
                                                                  -Lyre




  


Contoh instrumen musik woodwind :-shawm
                                                            -transverse flute
                                                            -recorder




   

Contoh instrumen musik peruksi(sering digunakan untuk melamar)adalah: -Tamborin
                            - Jew’s harp.     






Dalam zaman renaissance sangat banyak tokoh tokoh komponis yang sangat hebat,dan inilah 5 diantaranya:
1.Giovanni Pierluigi Da Palestrina,
yaitu seorang komponis terkenal ,ia berasal dari italia dan lahir di kota Palestrina,dekat Roma,pada tahun 1525,akhirnya pada usianya yang ke-69  ia menghembuskan nafasnya yang terakhir di Roma pleurisy dan di makamkan pada hari itu juga.




2.William Byrd
Adalah seorang komponis yangterhitung penting di zaman renainssance dan terkenal dangan gubahannya yaitu klavesimbel dan karyanya banyak menggunakan polifon .William lahir di Lincoln pada tahun 1543 dan meninggal pada tahun 1623 di Stodon Massey,Essex.



3.Orlando De Lassus
Seorang komponis penting yang menguasai hampir seluruh jenis musik pada zaman itu.karyanya berjumlah sekitar 2000 lagu,komponis ini lahir di kota Mons,Belgia pada tahun 1532.Ia menjadi ketua di gereja Santo Yohanes Lateran selama satu tahun ,dan di tahun berikutnya jabatan itu di berikan pada Giovanni.Ia meninggal pada tahun 1594.


4.Tomas Luis De Victoria
Adalah seorang komponis musik gereja terkemuka di Spanyol ,ia lahir di Sanchidrian pada tahun 1548.Ia mempelajari musik di kota Roma,dan diangkat sebagai imam.Dia juga pernah menuliskan beberapa buku nyanyian, yaitu misa,motet,mazmur,dll.



5.Johannes Ockeghem
Johannes Ockeghem adalah seorang komponis yang lahir di Saint Gihslain,Belgia pada tahun 1410.Ia menciptakan cukup banyak lagu saat ia hidup,contohnya:Kyrie,Ma bounce rit,Malor me bat,dan masih banyak lagi.Umurnya cukup panjang yaitu 87 tahun ,setelah itu ia meninggal pada tanggal 6 februari 1497.

Karya karya yang telah diciptakan para komposer pada zaman ini sangatlah banyak ,dan tentu tidak bisa di hitung dengan jari saja.berikut beberapa contoh lagu yang telah di ciptakan : -Petite camusette (Johannes Ockeghem)
                                                -Sing joyfully (William Byrd)
                                                -Omnes de saba ( Orlando de lassus)
                                                -Amicus Meus (Tomas de Victoria)
                                                -Omnes gemtes (Giovanni Piereluigi)
                                                -Fyer,Fyer(Thomas Morley)
                                                -Go Crystal Tears (John Dowland)
                                             

                 REFRENSI:
-www.Majalahprase.com
-mmf songs.blogspot.co.id
-Recha-Seprina.blogspot.co.id
-Ezon7.blogspot.com
-https: //id.wikipedia.org/wiki/Tomas_luis_de_victoria
-https://id.wikipedia.org/wiki/orlando_de_lassus
-https://id.wikipedia.org/wiki/johannes_ockeghem
-stevanus pungky.blogspot.co.id/2011/08/sejarah musik-html
-bayukakamusic.blogspot.co.id/2013/03/giovanni_piereluigi

1 komentar:

  1. Looks line you aee also a music over like ke. You might like Indian Songs , have a look at lyrics

    BalasHapus